Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemandirian Remaja
Abstract
Latar Belakang : Pola asuh yang ditanamkan orang tua kepada anaknya harus disesuaikan dengan perkembangan, usia dan kemampuan anak. Orang tua berperan dalam memberikan dukungan kepada anak dengan cara mendidik, membimbing dan memelihara anak agar anak dapat diterima di lingkungan atau masyarakat. Kemandirian merupakan aspek yang sangat penting dalam perkembangan kepribadian anak, membentuk dan membangun kemandirian serta berperan sangat penting dalam kemampuannya untuk tetap unggul dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian remaja di MAN 1 Samarinda. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel adalah proporsional stratified random sample dengan jumlah 165 responden. Hasil : Berdasarkan dari hasil penelitian yang didapatkan mayoritas responden berusia 17 tahun dengan jumlah 93 responden (56,4%), jenis kelamin perempuan sebanyak 109 responden (66,1%), urutan anak ke-1 sebanyak 64 responden (38,8%), pola asuh demokratis sebanyak 97 responden (58,8%), dan responden mandiri sebanyak 103 responden (62,4%). Hasil analisis uji Chi-Square yaitu P value = 0,002 < α = 0,05 yang berarti Ho ditolak. Kesimpulan : bahwa hubungan pola asuh orang tua dengan kemandirian remaja di MAN 1 Samarinda memiliki hubungan yang bermakna. Orang tua didorong untuk lebih memperhatikan apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri. Kata Kunci : Kemandirian, Pola Asuh Orang Tua, Remaja
References
Albar, Shania, and Fitri Andriani. 2021. “Pengaruh Tipe-Tipe Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Pada Remaja Etnis Arab.” Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM) 1(1):920. doi: 10.20473/brpkm.v1i1.27521.
Andani, Fitri, and Sri Wah Yuni. 2020. “Hubungan Kualitas Kelekatan Dengan Kemandirian Remaja Yang Dibesarkan Oleh Orang Tua Tunggal.” Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi 1(3):157. doi: 10.24014/pib.v1i3.9873.
Ani, Sella Putri. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Permisif Orang tua Terhadap Self-Control (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rambang Kabupaten Muara Enim).” Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling 5(1):56. doi: 10.32663/psikodidaktika.v5i1.986.
Dwi Marsela, Ramadona, and Mamat Supriatna. 2019. “Kontrol Diri: Definisi Dan Faktor.” Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research 3(2):65–69.
Fauziyyah, Nur Hamifa, Yeni Rachmawati, and Euis Kurniati. 2019. “Analisis Perilaku Sosial Anak Ditinjau Dari Urutan Kelahiran.” Edukid 15(1):42–57. doi: 10.17509/edukid.v15i1.20150.
Fitriah, Hikmah Nur, and Jahada Jahada. 2020. “Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling 5(2):106–14. doi: 10.36709/bening.v5i2.13361.
Karamoy. 2018. "Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dengan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa." Educazione 6(2):112–117.
Mahaardhika, I. Made, I. Dewa Ayu, Eka Purba, and Dharma Tari. 2020. “Kemandirian Anak Dikalangan Siswa Kelas XI SMK.” 1–5.
Mardiana, Nur Shela. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Interaksi Anak Usia Dini.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 20(1):22. doi: 10.24036/pedagogi.v20i1.801.
Mirawati, Mira, and Nita Yunita. 2018. “Pengaruh Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Pgsd.” Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2(2):38–46. doi: 10.33751/pedagog.v2i2.851.
Mulyawati, Yuli, and Citra Christine. 2019. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2(1):21–25. doi: 10.33751/jppguseda.v2i1.990.
Pangesti, Dinar; Tianingrum, Niken Agus. 2019. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kenakalan Remaja Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Harapan Baru.” Borneo Student Research Hubungan 99–104.
Pratiwi, Karina Esti. 2020. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak di SD Negeri 38 Kota Parepare The Influence Of Parents on Children ’ s Independence in Primary School 38 State Parepare City.” Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan 1(1).
Sari, Rizki Intan. 2019. “Analisis Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII MAN 1 Batang Hari.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 5(2):296–304. doi: 10.29303/jpft.v5i2.1436.
Sma, D. I., and Negeri Singkohor. 2021. “Dengan Kemandirian Remaja.” 2:12–18.
Sriwongo, Leonardo, and Raja Oloan Tumanggor. 2013. “Pada Anak Remaja.” 423–26.
Copyright (c) 2023 JKM : Jurnal Keperawatan Merdeka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work