Studi Kasus: Penerapan Senam Kebugaran Lansia Terhadap Ansietas Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas Kota Lubuklinggau Tahun 2023
Abstract
Latar belakang : Hipertensi merupakan suatu keadaan dimana adanya peningkatan tekanan darah baik systole maupun diastole yang abnormal.Kondisi ini yang menimbulkan kecemasan dan stress pada penderita hipertensi.Kecemasan yang dialami pasien hipertensi justru akan memperburuk kondisi hipertensinya.Upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kecemasan pada hipertensi adalah dengan memberikan penerapan senam kebugaran.
Metode : Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan studi kasus, dengan 2 orang responden yaitu klien Hipertensi di Wilayah kera Puskesmas Perumnas Kota Lubuklinggau, pada bulan April 2023. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Hars, wawancara dan penerapan senam kebugaran lansia selama 3 hari .
Hasil : Penelitian studi kasus ini menemukan masalah Ansietas diakibatkan karena cemas akan terjadi komplikasi pada penyakitnya.Penerapan senam kebugaran lansia membantu menurunkan ansietas.Hasil penelitian diketahuinya adanya pengaruh yang signifikan dalam penurunan tekanan darah.
Kesimpulan : Penerapan senam kebugaran lansia pada dua orang subjek penderita Hipertensi sangat efektif terhadap penurunan tekanan darah.
References
Angeline, & Simon, V. (2020). Kecemasan. Diandra Kreatif.
Dewi, Ruspawan, S. (2017). Pengaruh Teknik Relaksasi Otogenik Terhadap Tingkat Stres Pada Lansia. Community of Publishing in Nursing (COPING), 5(3), 161–168.
Gustiana, E., & Islami, C. C. (2021). Metode Relaksasi untuk Mengurangi Tingkat Stress pada Ibu dalam Mendampingi Anak di Era Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2159–2167. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1810
Isni, K., Allafia, D. N., & Oktavianti, A. U. (2023). Stimulasi Kepedulian Terhadap Pencegahan Hipertensi Melalui Edukasi Kesehatan di Kampung Pungkur, Kabupaten Garut, jawa Barat. Selaparang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(September), 1544–1549.
Purwati, M., & Rahmandani, A. (2018). Hubungan antara kelekatan pada teman sebaya dengan stres akademik pada mahasiswa teknik perencanaan wilayah dan Kota Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 7(2), 28–39. http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0A
Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar.
Sangam, S., Naveed, A., Athar, M., Prathyusha, P., Moulika, S., & Lakshmi, S. (2015). International Journal of Health Sciences and Research. 5(1), 156–164.
Sari, R. P. (2022). Edukasi Relaksasi Otot Progresif Cegah Stres Dan Jenuh Belajar Daring Pada Siswa Sma. JCES (Journal of Character Education Society), 5(3), 555–562. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCES/article/view/8797
Ukhalima, N., Sudrajat, H., Nisa, K., Kedokteran, F., Lampung, U., Fisiologi, B., Kedokteran, F., & Lampung, U. (2016). Efektifitas Senam Asma untuk Meningkatkan Fungsi Paru Penderita Asma Effectivityof Asthma Exercises to Increase Lung FunctionofAsthma Patient.
WHO. (2017). WHO Methods and data sources for country-level causes of death 2000-2015. Global Health Estimates Technical Paper, 1–81. https://doi.org/10.1016/j.mpmed.2016.06.006
Wijaya, I. W. S., & Rosita, N. P. I. (2023). Pendidikan Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Hipertensi Di Banjar Batan Duren, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Jurnal Sinergi Kesehatan Indonesia, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.55887/jski.v1i1.2
Copyright (c) 2023 JKM : Jurnal Keperawatan Merdeka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work