Hubungan Tingkat Stres Akademik dengan Siklus Menstruasi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 2 Palembang

  • Sri Martini Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan palembang https://orcid.org/0000-0001-7950-0232
  • Prahardian Putri Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan palembang
  • Tira Caritas Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan palembang
Keywords: Stres akademik, siklus menstruasi, pembelajaran daring

Abstract

Latar Belakang : Stres akademik adalah gangguan fisik, mental atau emosional yang disebabkan ketidaksesuian antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya aktual yang dimiliki siswa. Pembelajaran daring selama pandemi covid-19 merupakan stressor yang memicu pelepasan hormon kortisol yang akan mempengaruhi produksi hormon FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan LH (Luitenizing Hormone) dan menyebabkan ketidak teraturan siklus menstruasi. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat stres akademik dengan siklus menstruasi pada masa pandemic covid-19 di SMA Muhammadiyah 2  Palembang. Metode: Jenis penilitian ini bersifat kuantitatif dengan rancangan survey analitik melalui pendekatan secara cross secsional. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan non probability yaitu purposive sampling sebanyak 44 siswi. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian diperoleh mayoritas responden mengalami stres akademik tingkat sedang 18 (40,9%) dan mayoritas responden memiliki siklus mentruasi tidak normal 26 (59,1%). Hasil uji Chi-Square memperoleh p-value=0,031 artinya adanya hubungan yang bermakna antara tingkat stres akademik dengan siklus menstruasi pada masa pandemi covid-19 Kesimpulan: stress akibat pembejalaran daring menyebabkan terganggunya siklus menstruasi siswa.

References

Agung, D. A. J. (2017). Hubungan Kejadian Dismenore dengan Ketidakteraturan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri Di SMA Negeri 1 Sewon Bantul. 1–2.

Alasi, Z. Y. U. El. (2017). Hubungan Indeks Massa Tubuh (IMT) Terhadap Keteraturan Siklus Menstruasi Pada Siswi Madrasah Aliyah Negeri Dolok Masihul di Kecamatan Dolok Masihul. 1(1), 40–48.

Andhini, N. F. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas XI Di Man 3 Yogyakarta. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://core.ac.uk/download/pdf/33517185.pdf

Anggrainy, R. (2019). Hubungan Tingkat Stres Dengan Siklus menstruasi Pada Remaja Putri Di SMAN 5 Pekanbaru Tahun 2019. 9.

Anjarsari, N., & Sari, E. P. (2020). Hubungan Tingkat Stress Dengan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri. Psychiatry Nursing Journal (Jurnal Keperawatan Jiwa), 2(1), 1. https://doi.org/10.20473/pnj.v2i1.19135

Aspiani.Y.R.(2017). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Maternitas,Aplikasi NANDA,NIC dan NOC.Jakarta.CV Trans Info Media

Barseli, M., & Ifdil, I. (2017). Jurnal Konseling dan Pendidikan Konsep Stres Akademik Siswa. 2005, 143–148.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. 5(2), 95– 99.

Dwi Handayani. (2018). Hubungan Antara Sense of Humor dan Stres Akademik pada Siswa Full Day School. Repository Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 16–44.

Hutaphea, M. (2019). Hubungan Antara Tingkat Stres dengan siklus menstruasi Pada SMAN 3 BINJAI Tahun 201. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Juliana, I. (2019). Hubungan Dismenore Dengan Gangguan Siklus Haid Pada Remaja Di Sma N 1 Manado. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–8.

Karlina, N. & B. I. (2021). Pengaruh Indeks Massa Tubuh (IMT) Terhadap Siklus Menstruasi Pada Siswi SMA Negeri 1 Kampar Kiri Hilir. Jurnal Bidan Komunitas, 4(1).

Kementerian Kesehatan RI. (2018). FactSheet Obesitas Kit Informasi Obesitas. In

Jurnal Kesehatan (pp. 1–8).

Notoatmodjo, S. (2018). metodologi penelitian kesehatan. PT RINEKA CIPTA. Oliver, J. (2019). Hubungan Tingkat Aktivitas Fisik dengan Siklus Menstruasi.Hilos Tensados, 1, 1–476.

Rosania, D. (2016). Hubungan Tingkat Stress dengan Keteraturan Siklus Menstruasi Pada Remaja Kelas XII Di SMK Batik 1 Surakarta. June, 1–13.

Santi, D. R., & Pribadi, eko teguh. (2018). Kondisi gangguan menstruasi pada pasien yang berkunjung di klinik pratama UIN Sunan Ampel. Journal of Health Science and Prevention, 2(1), 14-21. ISSN: 2549-919X. file:///C:/Users/PIxEL/Downloads/Disminore dengan oligomenorea/kondisi gangguan menstruasi pada pasien di uin.pdf

Sari, I. N. (2020). Hubungan Tingkat Stres Akademik Dengan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Program Studi D3 Farmasi Tingkat 1 (Satu) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun 2019. Midwifery Journal: Jurnal Kebidanan UM. Mataram, 5(1), 52. https://doi.org/10.31764/mj.v5i1.1082

Setyowati, F. (2017). Pola Menstruasi Remaja Putri. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sugawara, E., & Nikaido, H. (2019). Properties of AdeABC and AdeIJK efflux systems of Acinetobacter baumannii compared with those of the AcrAB-TolC system of Escherichia coli. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Wahyuningsih, E. (2018). Tingkat Stres Remaja Dengan Siklus Menstruasi. Jurnal Siklus Menstruasi, 66(1), 37–39. http://repo.stikesicme- jbg.ac.id/1386/2/143210118 ENI WAHYUNINGSIH Skripsi.pdf %0A%0A

WHO. (2020). Pertanyaan dan Jawaban Terkait Coronavirus Disease 2019 ( COVID-19). World Health Organization, 2019, 1–13. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

Yolandiani, P. R., Fajria, L., & Putri, M. Z. (2020). Faktor – faktor yang mempengaruhi ketidakteraturan Siklus menstruasi pada remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 68, 1–11.

Zambrano Leal, A. (2012). Sociedad de control y profesión docente. Las imposturas de un disc. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 53(95), 45–52.

Published
2021-11-22
How to Cite
Martini, S., Putri, P., & Caritas, T. (2021). Hubungan Tingkat Stres Akademik dengan Siklus Menstruasi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 2 Palembang. JKM : Jurnal Keperawatan Merdeka, 1(1), 17-23. https://doi.org/10.36086/jkm.v1i1.978