Pengaruh Penyuluhan Terhdap Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di SMK 'Aisyiyah Palembang

  • Kurniawaty Kurniawaty Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Palembang
  • Anita Resse Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah Palembang
Keywords: Kesehatan reproduksi, pengetahuan, remaja, penyuluhan kesehatan

Abstract

Latar belakang : Kesehatan reproduksi adalah suatu kondisi sehat yang menyangkut sistem, fungsi, dan proses reproduksi yang dimiliki oleh remaja. Pengetahuan sehat disini tidak semata-mata berarti bebas dari penyakit atau bebas dari kecacatan namun juga sehat secara mental sosial dan kultural semua yang berhubungan dengan sistem dan fungsinya serta proses dan bukan hanya kondisi yang bebas dari penyakit dan kecacatan. Tujuan : tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan tentang  kesehatan reproduksi remaja. Metode: Desain penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan pendekatan one group pre-post test, cara pengambilan sampel dengan menggunakan tehnik total sampling yaitu tehnik pengambilan semua sampel kelas XII bejumlah 89 siswa siswi SMK ‘Aisyiyah Palembang. Analisa data menggunakan uji t. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2020. Hasil : Hasil uji t menunjukkan ada perbedaan signifikan pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan (p= 0,000). Kesimpulan: Penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi.

References

Agus R (2015). Statistik (Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya). Jakarta : Kencana.

Budiman (2014). Kapita Selekta Kuesioner : Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan/Budiman, Agus Rianto – Jakarta : Salemba Medika.

Erlinda (2014). Upaya peningkatan Anak dari bahaya Kekerasan, Pelecahan dan Ekploitas. Jakarta : KPAI.

Fitra Nurul Amanda (2013). Pengaruh Penyuluhan terhadap Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja. Surakarta.

Irianto, 2015. Kesehatan Reproduksi Teori dan Praktikum. Bandung, Alfabeta.

Mubarak dan chayati (2009). Ilmu Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta : Salemba Medika.

Notoatmodjo S (2010). Metodologi penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Notoadmojo S (2010). Promosi Kesehatan Teori & Aplikasinya, Edisi Revisi. Jakarta : Rineke cipta.

Puspita Ameliana (2018). Pengaruh penyuluhan kesehatan reproduksi remaja terhadap pengetahuan tentang perilaku seksual remaja. Lampung.

Sarwono, S. W. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sekolah Menengah Kejuruan ‘ Aisyiyah Palembang (2019). Profil Sekolah Menengah Kejuruan ‘Aisyiyah Palembang

WHO, (2012). Guidelines on Reproductive Health. Available online at: hhtp:www.who.int/mediacentre/factsheet/fs364/en/ (diakses tanggal 2 November 2019)

Widiyanto Budi, dkk. 2013. Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja terhadap Pengetahuan tentang Perilaku Seksual, Semarang.

Published
2021-11-22
How to Cite
Kurniawaty, K., & Resse, A. (2021). Pengaruh Penyuluhan Terhdap Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di SMK ’Aisyiyah Palembang. JKM : Jurnal Keperawatan Merdeka, 1(2), 152-157. https://doi.org/10.36086/jkm.v1i2.996