Hubungan Pengetahun, Sikap dan Tindakan dengan Cara Pengelolaan Sampah di Pasar Nanggalo

  • Resti Salsabila Putri POLTEKKES KEMENKES PADANG
  • Wijayantono Wijayantono Poltekkes Kemenkes Padang
  • Darwel Darwel Poltekkes Kemenkes Padang
Keywords: PENGETAHUAN, SIKAP, TINDAKAN

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang: Sampah di pasar biasanya dipicu oleh tindakan pedagang dan pengelola pasar, karena kesadaran dan tindakan kebersihan tidak sesuai dengan harapan. Masalah ini muncul karena beberapa aspek perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan tindakan pedagang dengan cara pengelolaan sampah di pasar nanggalo.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional. sampel ini adalah semua pedengan yang berada pada pasar nanggalo. Data yang dikumpulkan dengan melakukan pengamatan dan mengajukan kuesioner.

Hasil: Hasil penelitian menyatakan bahwa 80,6% cara pengelolaan sampah pada pedagang berkategori tidak memenuhi syarat, 69,4% pengetahuan pedagang tentang pengelolaan sampah berkategori tidak baik, 58,3% sikap pedagang tentang pengelolaan berkategori tidak baik, 69,4% tindakan pedagang tentang pengelolaan sampah berkategori tidak baik., 76,4% kontruksi tempat sampah pedagang berkategori tidak memenuhi syarat.

Kesimpulan: disimpulkan sebagian besar pengelolaan pedagang di pasar Nanggalo tidak memenuhi syarat. diharapkan pedagang ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan pasar yaitu dengan cara ikut berpartisipasi melakukan pengelolaan sampah yang memenuhi syarat

Kata kunci : (pengetahuan, sikap, tindakan)

Published
2022-11-30
How to Cite
1.
Putri R, Wijayantono W, Darwel D. Hubungan Pengetahun, Sikap dan Tindakan dengan Cara Pengelolaan Sampah di Pasar Nanggalo. JSL [Internet]. 30Nov.2022 [cited 27Jan.2023];2(2):122-8. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/SJKL/article/view/1311