Kondisi Sanitasi dan Personal Hygiene Industri Tempe di Desa Sambirembe Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan

  • Riri Tri cahyani Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Rusmiati Rusmiati Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Ngadino Ngadino
  • Narwati Narwati
Keywords: Sanitasi Industri Rumah Tangga Pangan, personal hygiene, Escheichia coli

Abstract

IRTP Tempe yang berada di Desa Sambiremebe, diketahui sanitasi lokasi industri dan lingkungan tidak terawat, bangunan dan fasilitas yang kotor, tidak ada fasilitas sanitasi seperti sarana cuci tangan. Personal hygiene penjamah yang tidak menggunakan alat pelindung diri dan makan pada saat proses produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sanitasi daan personal hygiene penjamah industri tempe di Desa Sambirembe, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Populasi sampel industri tempe nomor 5 IRTP.Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan disajikan dalam bentuk tabel kemudian dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi Sanitasi IRTP Tempe termasuk kategori cukup (40%). Penjamah personal hygiene termasuk kategori cukup (38%).Kesimpulan penelitian adalah kondisi sanitasi dan penjamah personal hygiene termasuk kategori cukup. Saran yang diberikan kepada pemilik IRTP rutin melakukan pemeliharaan lingkungan IRTP, menyediakan sarana cuci tangan, serta kandang sapi diletakkan secara terpisah dari tempat produksi. Penjamah rutin kuku, menggunakan alat pelindung diri, tidak makan pada saat produksi. 

 

References

Indraswati, D. Kontaminasi Makanan (Food Contamination) oleh Jamur. Denok iIdraswatienok (2016).

Muchlis M, Thamrin T, S. S. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Jumlah Bakteri Escherichia coli pada Sumur Gali Penderita Diare di Kelurahan Sidomulyo Barat Kota Pekanbaru. Din. Lingkung. Indones. 4, 18 (2017).

BadanPOM. Direktorat Pengawasan Pangan Risiko Rendah dan Sedang. vol. 1999 (2020).

NABABAN, L., Mualim, M., Gustina, M., Yusmidiarti, Y. & Kermelita, D. Analisis Hygiene Dan Sanitasi Pada Home Industri Tempe Di Kota Bengkulu. (2017).

Nurmalasary, T. R. I. Gambaran Personal Higiene Dan Fasilitas Sanitasi Pada Industri Rumah Tangga Lidah Buaya Siantan Hulu Pontianak Utara Kalimantan Barat. (2018).

Restianida, S. Hubungan Personal Hygiene Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Kontaminasi Bakteri Escherichia Coli Dan Salmonella Pada Makanan Lalapan Pecel Lele. J. Repos. 1, 1–12 (2018).

Aprilia, D. analisis higiene dan sanitasi industri rumah tangga tape singkong di kelurahan nan balimo solok tahun 2019. (2019).

Suryansyah, Y., Sanitarian, S., Sakit, R. & Utama, H. evaluasi higiene dan sanitasi jasaboga di jalan gayungsari surabaya. (2011).

Nurmiati, S. Kondisi sarana sanitasi industri rumah tangga pangan di kecamatan sumbawa. (2019).

Riana, A. & Sumarmi, S. Hubungan Kontaminasi Coliform Dan Skor Perilaku Higiene-Sanitasi Pada Pedagang Jajanan Di Kantin Sekolah Dan Pedagang Keliling. Media Gizi Indones. 13, 27 (2018).

Megantari, G. Dermatitiis Kontak Pada Pekerja Pabrik Tahu. Kesehat. Masy. (2020).

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2017 Tentang Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan Dan Persyaratan Kesehatan Air Untuk Keperluan Higiene Sanitasi, Kolam Renang, Solus Per Aqua dan Pemandian Umum. Peratur. Menteri Kesehat. Republik Indones. 1–20 (2017).

Sari, S. N., Apriliana, E. & Soleha, T. U. Identifikasi Bakteri Escherichia coli Pada Air Sumur Gali Di Kelurahan Kelapa Tiga , Kaliawi Persada Dan Pasir Gintung Kota Bandar Lampung The Identification Of Escherichia coli Bacteria In Dig Well At Kelapa Tiga District , Kaliawi Persada And Pasir Gint. 9, 57–65 (2019).

Triandini, F. A. & Handajani, S. Pengetahuan, sikap penjamah makanan dan kondisi higiene sanitasi produksi otak-otak bandeng di Kabupaten Gresik. E-Journal Boga 4, 27–36 (2015).

Kasim, K. P. & SARI, A. A. M. Hubungan Personal Hygiene Penjamah Makanan Dengan Kualitas Bakteriologis Mpn Coliform Pada Jajanan Di Wilayah Pasar Segar Panakukang Kota Makassar. Sulolipu Media Komun. Sivitas Akad. dan Masy. 18, 130 (2019).

Ningrum, P. T. & Hasanah, Y. R. Praktik Higiene Personal dan Keberadaan Bakteri Escherichia coli Pada Tangan Penjual Petis ( Studi di Pasar Anom Kecamatan Sumenep Kabupaten Sumenep ) Personal Hygiene Practice and Existence of Escherichia coli Bacteria In Fish Paste Seller ’ s Hand ( Stu. 6, 77–84 (2018).

Maywat, S., Hidayanti, L., Lina, N., Ilmu, F. & Universitas, K. Pengetahuan Dan Praktek Hygiene Penjamah Pada Pedagang makanan Jajanan Di Sekitar Sekolah Dasar Kota Tasikmalaya. 8–16 (2019).

Iis Sari Nurhayati, Elis Endang, Nikmawati, T. S. Penerapan Personal Higiene Penjamah Makanan Di Salah Satu Katering Di Kota Bandung. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner 9, 35–43 (2020).

Siburian, O. O. Perilaku Personal Hygiene Penjamah Makanan Dalam Sanitasi Makanan Jajanan Di Pasar Percontohan Onan Baru, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, 2019. (2019).

Published
2022-11-28
How to Cite
1.
cahyani R, Rusmiati R, Ngadino N, Narwati N. Kondisi Sanitasi dan Personal Hygiene Industri Tempe di Desa Sambirembe Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. JSL [Internet]. 28Nov.2022 [cited 27Jan.2023];2(2):101-6. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/SJKL/article/view/1398