Peningkatan Kesadaran Untuk Tidak Membuang Sampah Sembarangan dengan Edukasi Melalui Media Konten Tiktok Pandawara Group

  • Febi Maharani Stikes Widyagama Husada Malang
  • Misbahul Subhi STIKES WIDYAGAMA HUSADA MALANG
  • Tiwi Yuniastuti STIKES WIDYAGAMA HUSADA MALANG
Keywords: Kesadaran lingkungan, edukasi, media sosial, tiktok pandawara group

Abstract

Latar Belakang:kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan masih rendah, padahal perilaku ini berdampak signifikan pada pencemaran lingkungan dan kesehatan masyarakat. Edukasi melalui media konten TikTok oleh Pandawara Group diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tersebut secara efektif. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan dengan edukasi melalui media konten tiktok pandawara group.

Metode:penelitian ini menggunakan desain pre-experimental one group pretest-posttest dengan populasi masyarakat di Kampung Tridi RW 12 Kelurahan Kesatrian sebanyak 250 KK. Sampel diambil dengan teknik sampling insidental dari responden berusia 18-25 tahun yang belum pernah menonton konten Pandawara Group dan memiliki media sosial. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pre-test dan post-test yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta didukung oleh lembar screening dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji t berpasangan untuk menguji perbedaan kesadaran sebelum dan setelah intervensi.

Hasil:hasil uji Paired t-test menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada tiga variabel setelah intervensi tayangan konten TikTok dari Pandawara Group. Rata-rata skor pengetahuan meningkat dari 21,17 menjadi 32,00, sikap dari 19,90 menjadi 31,20, dan perilaku dari 14,70 menjadi 31,50. Nilai signifikansi (p-value) untuk ketiga variabel adalah 0,000 (p < 0,05), menandakan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test

Kesimpulan:konten edukasi dari TikTok Pandawara Group terbukti efektif meningkatkan kesadaran masyarakat RW 12 Kelurahan Kesatrian untuk tidak membuang sampah sembarangan, yang ditunjukkan dengan adanya peningkatan signifikan pada aspek pengetahuan, sikap, dan perilaku setelah diberikan intervensi.

Kata kunci : Kesadaran lingkungan, edukasi, media sosial, tiktok pandawara group.

References

Aqilla, A. R., Razak, A., Barlian, E., Syah, N. & Diliarosta, S. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Pengaruh Sampah Plastik Dalam Pencemaran Air. Gudang J. Multidisiplin Ilmu 1, 275–280 (2023).

Hamdan, Rifani, D. N., Jalaluddin, A. M. & Rudiansyah. Pengelolaan Sampah Secara Bersama: Peran Pemerintah dan Kesadaran Masyarakat. Paradigma 7, 45–54 (2018).

Putri, W. E., Christiani, L. C., Sari, F. N. & Pramuja, M. Pengaruh Paparan Konten Tiktok Pandawara Group terhadap Perilaku Sadar Lingkungan The Effect of Exposure to Pandawara Group Tiktok Content on Environmentally Conscious Behavior ini antara lain TikTok , Instagram , Facebook , dengan Instagram dan Facebook . 13, (2024).

Lasaiba, M. A. GEOFORUM. Jurnal Geografi dan Pendidikan Geografi Strategi Inovatif untuk Pengelolaan Sampah Perkotaan: Integrasi Teknologi dan Partisipasi Masyarakat Innovative Strategies for Urban Waste Management: Integration of Technology and Community Participation. Juni 3, 1–18 (2024).

Tiara Dwi Rahayua, Yani Pujiwatib, B. R. LITRA: Jurnal Hukum Lingkungan Tata Ruang dan Agraria. 2, (2023).

Dahruji, D., Wilianarti, P. F. & Totok Hendarto, T. Studi Pengolahan Limbah Usaha Mandiri Rumah Tangga dan Dampak Bagi Kesehatan di Wilayah Kenjeran, Surabaya. Aksiologiya J. Pengabdi. Kpd. Masy. 1, 36 (2016).

Rahmuniyati, M. E. & Sahayati, S. Implementasi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (Stbm) Untuk Mengurangi Kasus Stunting Di Puskesmas Wilayah Kabupaten Sleman. PREPOTIF J. Kesehat. Masy. 5, 80–95 (2021).

Saraswati, P. P. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI PERATURAN DAERAH NO 07 TAHUN 2021 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA MALANG ( Studi Pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang ) Program Studi Administrasi Publik , Fakultas Ilmu Administrasi , Universitas Is. J. Respon Publik 17, 55–65 (2023).

Efendi, A., Hasmawati, F. & Apriko, S. Analisis Pengunaan Media TikTok Untuk Meningkatkan Kepedulian Lingkungan Siswa SMAN 1 Air Salek ( Studi Kasus Pada Akun Tik Tok @ Pandawaragroup ). 1, 1–13 (2025).

Roxanne, R., Rasyidin, N. & Setijadi, N. N. Pengaruh Teknologi Komunikasi Terhadap Kesadaran Lingkungan Generasi Milenial Study Pada Kapal Pengangkut Coldplay. JKOMDIS J. Ilmu Komun. Dan Media Sos. 3, 859–865 (2023).

Albarzand, A. F. Peran Tiktok Sebagai Media Komunikasi Politik Bagi Generasi Milenial ( Studi Kasus Pada Karyawan Duta Lampung Tahun 2024 ). 11, 511–516 (2024).

Aufa, M. & Faizal, I. Dampak Konten Media Sosial @ pandawaragroup Terhadap Masifnya Aksi Pembersihan Sampah di Sungai dan Pantai.

Ernawati, A. Media Promosi Kesehatan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Stunting. J. Litbang Media Inf. Penelitian, Pengemb. dan IPTEK 18, 139–152 (2022).

Pamilasari, T., Desi & Purba, J. S. R. Pengaruh Edukasi Gizi Media TikTok terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Remaja Putri. Pontianak Nutr. J. 5, 141–145 (2022).

Wijonarko, D., Ramdhani, M. & Arindawati, W. Pengaruh Konten Tiktok @pandawaragroup Terhadap Perilaku Menjaga Kebersihan Lingkungan. JKOMDIS J. Ilmu Komun. Dan Media Sos. 4, 129–134 (2024).

Bandura, A. Social Cognitive Theory: An Agentic Perspective. Psychol. J. Hell. Psychol. Soc. 12, 313 (2020).

Utami, P. & Welas. * 简超宗 1 张永红 2 (1,2. 10, 71–76 (2019).

Priliantini, A., Krisyanti, K. & Situmeang, I. V. Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID)
DOI: 10.31504/komunika.v9i1.2387. J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform. 9, 40 (2020).

Sukmono, I., Kuswanti, A. & Muqsith, M. A. G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan Berdaya dengan Media Digital : PANDAWARA Group. 8, 2143–2153 (2024).

Subasman, I. & Nasyiruddin, F. TRANSFORMASI NAPI MENJADI SANTRI: Analisis Implementasi Transtheoritical Model Di Pesantren At Tawwabin Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kuningan Jawa Barat. Sade. J. Pengabdi. 1, 1–26 (2021).

Published
2025-11-16