Karakteristik Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kabupaten Banyuasin

  • Fhara Luffianas Tasya Agatha Poltekkes Palembang
  • Kamsul Kamsul Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Pitri Noviadi Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Ibu Rumah Tangga, Pengelolaan Sampah, Sampah Rumah Tangga

Abstract

Latar Belakang : Permasalahan sampah disuatu kawasan meliputi tingginya laju timbulan sampah, tidak adanya kepedulian dari ibu rumah tangga sehingga menimbulkan perilaku membuang sampah sembarangan dan tidak mau membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi karakteristik ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Jalan Bom Berlian Kelurahan Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III Tahun 2021.

Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Mei 2021. Populasi studi penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang telah dihitung berdasarkan rumah yang ada di RT 23 sampai RT 25 di Jalan Bom Berlian Kelurahan Pangkalan Balai Kecamatan Banyuasin III. Sampel dengan jumlah 73 ibu rumah tangga. Teknik sampling  yang digunakan yaitu secara simple ramdom sampling.

Hasil penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sampah pada tingkat kategori tidak baik (26,03%), dari berdasarkan umur ibu rumah tangga yaitu pada umur 48-60 tahun tingkat kategori tidak baik (95%), berdasarkan pendidikan ibu rumah tangga yaitu pada pendidikan menengah tingkat kategori tidak baik (60%), berdasarkan pekerjaan yaitu pada ibu rumah tangga tidak bekerja tingkat kategori tidak baik (35,2%), dan pada penghasilan ibu rumah tangga yaitu pada penghasilan <Rp.2.500.000 tingkat kategori tidak baik (21,7%).

Kesimpulan : Pendidikan dan  penghasilan tidak berpengaruh terhadap pengelolaan sampah

Kata Kunci : Karakteristik Ibu Rumah Tangga, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

References

Diharti, R. Gambaran Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Yang Berusia 20-60 Tahun Di Lingkungan V Kelurahan Tegal Sari Mandala III Kecamatan Medan Denai Tahun 2013.(2013).

DLHK Banyuasin. Profil Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyuasin 2020. in (2021).

Hilly, L. W. Y. Studi Tentang Pengetahuan Dan Tindakan Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaah Sampah Domestik Di Rt 26/Rw 07 Kelurahan Tuak Daun Merah Kecamatan Oebobo Kota Kupang. (2020).

Maksuk, Lukman, & Kumalasari, I. Pemberdayaan Petugas Kesehatan Dan Kader Puskesmas Dalam

Pengelolaan Limbah Rumah Tangga Sebagai Kompos. J. Pengabdi. Masy. Kesehat. 6, 75–79 (2020).

W Jannah. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Ibu-Ibu Rumah Tangga Terhadap Pengelolaan Sampah Rumah

Tangga Di Desa Beber Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok. ejournal.mandalanursa.org (2019).

Yulidar, Y., Maksuk, M. & Priyadi, P. Kondisi Sanitasi Lingkungan Rumah Penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Wilayah Kerja Puskesmas. SALINK (Jurnal Sanitasi Lingkungan) 1, 8–12 (2021).

Mulyono. Membuat Mikroorganisme Lokal (MOL) & Kompos dari Sampah Rumah Tangga. (AgroMedia, 2016).

Hsb, W. R. Hubungan Sikap Dan Pengetahuan Masyarakat Terhadap Sistem Pengelolaan Sampah Di Desa Sei

Semayang Kecamatan Sunggal Tahun 2019. Univ. Islam Negeri (2019).

Iswani, I. Studi Pengetahuan Ibu Rumah Tangga Tentang Pengelolaan Sampah Di Rw 10 Kelurahan Brangbiji

Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa Tahun 2019. (2019).

Saputri, E. L. Hubungan Karakteristik, Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Meminimalisasi Sampah Plastik Dengan Upaya 3r (Reuse, Reduce, Recycle) Desa Mandingin Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun 2020. (2020).

Srisantyorini, T. & Kusumaningtias, F. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Ibu Rumah Tangga Terhadap Pengelolaan Sampah di Wilayah Sekitar Rel Kereta Api, Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan. J. Kedokt. dan Kesehat. 14, 65–73 (2018).

Ilma, N., Nuddin, A. & Majid, M. Perilaku Warga Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di

Zona Pesisir Kota Parepare. J. Ilm. Mns. Dan Kesehat. 4, 24–37 (2021).

Rafiqa, A. I. Faktor Yang Memengaruhi Partisipasi Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah Di Desa Gunung Bukit Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2019. (2019).

Sudar, R. S. Hubungan Antara Karakteristik Individu Dan Pengetahuan Masyarakat Dengan Tindakan

Pengolahan Sampah Rumah Tangga Di Desa Borgo Jaga V Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. J. IKHA (2015).

Manoso, F. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Tingkat Pendapatan dengan Tindakan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Lingkungan II Kelurahan Sumompo Kecamatan Tuminting Kota Manado. Univ. Sam Ratulangi (2013).

Published
2022-05-27
How to Cite
1.
Agatha F, Kamsul K, Noviadi P. Karakteristik Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kabupaten Banyuasin. JSL [Internet]. 27May2022 [cited 2Oct.2022];2(1):7-13. Available from: https://jurnal.poltekkespalembang.ac.id/index.php/SJKL/article/view/863