Inovasi Media Kantong Bilangan Untuk Peningkatan Kognitif Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus

  • Eva Oktaviani Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Indah Dewi Ridawati Poltekkes Kemenkes Palembang
  • Rima Ratika Poltekkes Kemenkes Palembang
Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Usia Dini, Gangguan Perkembangan, Media Kantong Bilangan

Abstract

Latar belakang: Anak berkebutuhan khusus (ABK) usia dini memiliki kerentanan tinggi terhadap keterlambatan perkembangan, terutama pada aspek kognitif dan sosial. Salah satu upaya stimulasi yang dapat digunakan adalah melalui media kantong bilangan, yang berfungsi melatih pengenalan angka dan warna sekaligus meningkatkan interaksi sosial. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan inovasi media kantong bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini berkebutuhan khusus di TK Uswatun Hasanah Kota Lubuklinggau. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus terhadap dua anak usia dini berkebutuhan khusus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan checklist evaluasi perkembangan selama tiga hari pada Juni 2025. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa subjek I (ASD dan speech delay) mengalami peningkatan dari kemampuan mengenal angka 1–3 menjadi 1–7, serta mampu menyebutkan tujuh warna dasar, dengan perbaikan kontak mata dan interaksi sosial. Subjek II (ADHD dan ASD) pada awalnya hanya menyentuh angka secara acak, namun setelah intervensi mampu mengurutkan angka 1–5 dengan arahan, mengenali enam warna dasar, serta menunjukkan kemampuan duduk tenang dan mengikuti instruksi sederhana. Kesimpulan: Penggunaan media kantong bilangan berpotensi menstimulasi perkembangan kognitif dan sosial pada ABK usia dini, sehingga dapat mengurangi risiko keterlambatan. Media ini relevan untuk diterapkan di sekolah inklusi dan memerlukan penerapan konsisten agar hasil lebih optimal.

References

Citaristi, I. (2022). United Nations Children’s Fund—UNICEF. In The Europa Directory of International Organizations 2022 (pp. 165–177). Routledge.

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep dasar anak berkebutuhan khusus. Masaliq, 2(1), 26–42.

Hafiansyah, M. B., & Rasyidina, Y. G. (2024). Identifikasi anak berkebutuhan khusus dan cara penanganan guru kepada anak berkebutuhan khusus serta kebijakan kepala sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 16.

Huliyah, Y. I., Mulyani, H., Yuniar, L., Sapariah, D. N., & Anggraeni, I. (2024). Pendekatan Pembelajaran Interaktif Dalam Mengenalkan Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini: Studi Kasus Di Raudhatul Athfal Nuurussa’adah Tasikmalaya. RECQA: Research Early Childhood Qurrota A’yun, 1(2), 85–92.

Islamiyah, E. S., & Qodariah, L. (2022). Alat Peraga Kantong Bilangan dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Nilai Tempat Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 294–304.

Kinanti, A. C., Kameliawati, F., Palupi, R., & Kusuma, A. (2023). Pengalaman Guru dalam Metode Pembelajaran Tahfidz pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah STIKES Yarsi Mataram, 13(2), 99–110.

Madi, M. S., Hataul, S., & Satiawati, C. (2023). Pengaruh Teman Sejawat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2).

Mujiafiat, K. A., & Yoenanto, N. H. (2023). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Ningrum, H. P., Retno, R. S., & Widyaningrum, W. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Kanbil (Kantong Bilangan) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN Pangongangan Kota Madiun. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(3), 103–108.

Nursal, S. (2023). Kantong Bilangan dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Murid Tunagrahita Ringan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 1169–1173.

Organization, W. H. (2020). World health statistics 2020.

Putri, E. S., Suryani, K., & Daeli, N. E. (2021). Konsep diri dan resiliensi orangtua yang memiliki anak tunagrahita. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 6(1), 65–69.

Qur’ani, S. D. (2023). Efektivitas Media Kantong Bilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rahma, T. D., & Widyasari, C. (2023). Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Kantong Buah Pintar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2293–2300.

Sefriyanti, S., & Putro, K. Z. (2022). Analisis Hambatan Perkembangan Motorik Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Kajian Pada Perspektif Psikologi dan Neurologi). PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 62–72.

Setiawati, F. A. (2020). Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus dalam PAUD. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193–208.

Published
2025-11-11